Tosin Abasi musisi asal Nigeria yang belajar secara otodidak

Oluwatosin Ayoyinka Olumide "Tosin" Abasi (kelahiran 7 Januari 1983), adalah musisi Amerika Nigeria, dikenal sebagai pendiri dan gitaris dari animal as leader band metal progresif dan berperan sebagai leader band.


Sebelum mendirikan animal as leaders , ia adalah gitaris teknis band metalcore Reflux. Dia telah direkam dan merilis empat album dengan Hewan sebagai Pemimpin: debut self-titled, Weightless, The Joy of Motion dan album terbaru mereka, The Madness of Many.

Lahir di Washington DC untuk imigran Nigeria ke Amerika Serikat, Nama pertama Abasi ini "Oluwatosin" berarti "Tuhan layak untuk dilayani" di Yoruba. Saudaranya, Abdul Abasi, adalah mantan sersan di militer Amerika Serikat dan saat ini menjadi perancang busana.

Abasi adalah gitaris bermain otodidak. Dia pertama kali meminjam gitar di rumah temannya, hanya memetik dan membuat chord pada basic saja. dia mengenal musik melalui alat musik klarinet di sekolah dasar. Dia kemudian mulai menyewa kaset video pelajaran gitaris metal 'dari toko musik lokal

Abasi mengatakan bahwa ketika ia memutuskan untuk belajar gitar, ayahnya adalah "benar-benar liberal tentang semuanya dan mendorong dan bangga" dan pada kenyataannya, membelikannya gitar pertamanya. Namun ibunya memiliki pandangan yang lebih konservatif. Tosin mengatakan dalam sebuah wawancara, "Ibuku pasti mewakili lebih dari mentalitas tradisional imigran pendidikan dan saluran konvensional menjadi cara yang lebih penting daripada sebuah usaha kreatif".

Dia adalah gitaris untuk band metal PSI berbasis Maryland Silver Spring,Dia bergabung Reflux pada awal hingga pertengahan 2000-an. Selama acara Reflux, Prosthetic Rekaman melihat keterampilan dan menawarkan kontrak rekaman sebagai artis solo. Pada awalnya, dia menolak, mengatakan ia tidak merasa nyaman dengan tingkat keterampilan menulis rekaman sendiri.  Setelah itu, Abasi terdaftar di Atlanta Institute of Music. Setelah lulus, ia menghubungi Prosthetic Rekaman menanyakan apakah tawaran tersebut masih dipegang.  Dia kemudian membentuk nya "solo" proyek, animal as leaders