Rio Faturachman rilis single "Kita Dewasa"

Www.gitarisklinik.com - RIO FATURACHMAN..pentolan band indie AMANDAGOHAN - Anak Manis Dari Goa Hantu (2002 - 2010) yg cukup dikenal di kampus-kampus se-Jabodetabek, kini memutuskan untuk bersolo karir di tahun 2017. Cowok kelahiran Depok, 16 Februari 1982 ini sudah mengulik gitak sejak usia 11 tahun dan mencipta lagu sejak usia 14 tahun.
Single perdananya berjudul “Hari Yang Cerah” telah dirilis melalui kanal distribusi TuneCore pada hari ultahnya yang lalu tgl 16 Februari 2018 dalam format digital yg sudah bisa kita simak di aplikasi-aplikasi music digital yang ada. Kini atas saran dari Yudis Dwikorana (Kamar Musiq | Roots N Records)  Rio Faturachman bergabung dengan GUEST MUSIC untuk merilis single kedua nya yang berjudul “ Kita Dewasa”.


Kita Dewasa bercerita tentang seseorang yang prihatin, bosan, kesal, jenuh, melihat kenyataan yang terjadi sejak beberapa tahun terakhir di Indonesia,di mana masyarakat Indonesia terlihat seperti terbagi menjadi dua bagian besar yang saling bertentangan satu dengan lainnya karena calon pemimpin yang dipilih oleh mereka. Pola pertentangan ini aneh, dan semaunya. Ada caci maki, berita bohong(hoax), beberapa kali terjadi juga bentrok fisik, sehingga persaingan yang terjadi terlihat tidak sehat dan melahirkan pemaksaan terhadap masyarakat untuk memilih si ini atau si itu.

Ide lagu tersebut awalnya dari bersenandung, setelah selesai mandi, kata-kata pertama yang muncul adalah “Kita Dewasa”, lalu tersusunlah kalimat lirik sambil disenandungkan “Sudah biarkanlah rakyat yang memilih, asal kita tetap merdeka, hidup aman damai serta sejahtera, bukti kita dewasa, kita bangsa yang dewasa”.  Setelah sampai di tempat kerja, seperti biasa, Rio pegang gitar dulu sebelum kerja, lalu susunan senandung di rumah tadi (yg sudah Rio rekam di hp) dia cari kord gitarnya, dan dilengkapi. Lagu ini tidak butuh waktu lama untuk mengarang melodi dan liriknya, semua mengalir tidak lebih dari 30 menit. Bahkan begitu selesai, langsung saya rekam di video dengan lirik lengkapnya dan langsung share di media sosial, dengan harapan ada yang bersedia mensupport untuk memproduksi secara baik karya tersebut dan menyampaikannya ke khalayak banyak begitu tutur Rio Faturachman. Konsep musiknya Pop berbalut Folk, Blues dan Country. Musiknya dibangun dengan gitar sebagai instrumen dasar. Saat proses rekamannya Rio dibantu oleh Tori Sudarsono.

Menyikapi masa kampanye 2018 – 2019 menuju Pemilu pada bulan April 2019 nanti, lagu “Kita Dewasa” adalah harapan dan ajakan kepada seluruh rakyat Indonesia (terutama yg sudah termasuk ke dalam kategori Pemilih) untuk berkampanye secara sehat, sopan, dan tidak memaksakan pilihan nya kepada siapapun, paksaan itu jenisnya bisa dengan hinaan, propaganda, hoax/fitnah, bahkan intimidasi.

“Rio berharap Rakyat Indonesia menunjukkan kedewasaannya dalam hal menanggapi perbedaan yang ada, dan bijaksana saat calon pemimpin pilihannya tidak menang” kata Rio Faturachman yang juga berharap mendapatkan dukungan dengan karya terbarunya ini yang akan memperkuat eksistensi dan popularitasnya dalam buana musik Indonesia.

Salam Musik Indonesia