Header Ads

B.B. King Penyanyi blues Amerika 1925-2015

Riley Ben King (16 September 1925 - 14 Mei 2015), dikenal secara profesional sebagai B.B. King, adalah seorang penyanyi blues Amerika, gitaris listrik, penulis lagu, dan produser rekaman. King memperkenalkan gaya solo yang canggih berdasarkan perpaduan tekuk bending release dan vibrato yang sangat populer dan telah banyak mempengaruhi gitar elektrik blues elektrik.

BB King lahir di sebuah perkebunan kapas di Berclair, Mississippi, dan kemudian bekerja di sebuah pabrik kapas di Indianola, Mississippi. Dia tertarik pada musik dan gitar di gereja, dan memulai karir kinerjanya di sendi juke dan radio lokal. Dia kemudian tinggal di Memphis, Tennessee, dan Chicago, dan berkeliling dunia secara ekstensif. BB King meninggal pada usia 89 di Las Vegas, Nevada, pada tanggal 14 Mei 2015, dari gagal jantung kongestif dan komplikasi diabetes.


Dia mempertimbangkan kota terdekat Indianola, Mississippi untuk menjadi rumahnya. Ketika Riley berusia empat tahun, ibunya meninggalkan ayahnya untuk pria lain, jadi anak laki-laki itu dibesarkan oleh nenek dari pihak ibu, Elnora Farr, di Kilmichael, Mississippi. Dilantik ke Rock and Roll Hall of Fame pada tahun 1987, dan dianggap sebagai salah satu musisi blues paling berpengaruh sepanjang masa, mendapatkan julukan "The King of the Blues", dan salah satu dari "Three Kings of the Blues Guitar" bersama Dengan Albert King dan Freddie King.King dikenal karena melakukan tanpa lelah sepanjang karir musiknya, tampil di lebih dari 200 konser per tahun rata-rata berusia 70-an. Pada tahun 1956 saja, dia dilaporkan tampil di 342 pertunjukan.

Sementara muda, Raja bernyanyi dalam paduan suara Injil di Gereja Baptis Elkhorn di Kilmichael. Raja tertarik ke Gereja Pantekosta Allah di dalam Kristus karena musiknya. Menteri setempat memimpin pemujaan dengan gitar Sears Roebuck Silvertone. Menteri tersebut mengajarkan Raja tiga akord pertamanya. Tampaknya pada usia 12 ia membeli gitar pertamanya seharga $ 15.00, walaupun sumber lain menunjukkan bahwa ia diberi gitar pertamanya oleh Bukka White, sepupu pertamanya dari ibunya (nenek Raja dan ibu White adalah Saudara perempuan).

Pada bulan November 1941 "King Biscuit Time" pertama ditayangkan, disiarkan di KFFA di Helena, Arkansas. Itu adalah acara radio yang menampilkan blues Delta Mississippi. BB King mendengarkannya saat sedang beristirahat di perkebunan. Sebagai gitaris otodidak, ia kemudian ingin menjadi musisi radio.

Pada tahun 1943, BB king meninggalkan Kilmichael untuk bekerja sebagai pengemudi traktor dan bermain gitar dengan Quartet John Street yang terkenal di Inverness, Mississippi, tampil di gereja-gereja daerah dan di WGRM di Greenwood, Mississippi.

Pada tahun 1946, King mengikuti Bukka White ke Memphis, Tennessee. White membawanya masuk untuk sepuluh bulan berikutnya. Namun, Raja kembali ke Mississippi tak lama kemudian, di mana dia memutuskan untuk mempersiapkan dirinya lebih baik untuk kunjungan berikutnya, dan kembali ke West Memphis, Arkansas, dua tahun kemudian pada tahun 1948. Dia tampil di Sonny Boy Program radio Williamson di KWEM di West Memphis, di mana dia mulai mengembangkan audiens. Penampilan King menyebabkan pertunangan yang mantap di Sixteenth Avenue Grill di West Memphis dan kemudian sampai sepuluh menit di stasiun radio Memphis WDIA. Tempat radio menjadi sangat populer sehingga diperluas dan menjadi Klub Swah Sepia.

Awalnya BB King bekerja di WDIA sebagai penyanyi dan disc jockey, mendapatkan julukan "Beale Street Blues Boy", yang kemudian disingkat menjadi "Blues Boy" dan akhirnya ke B.B. Di sanalah dia pertama kali bertemu dengan T-Bone Walker. King berkata, "Suatu ketika saya pernah mendengarnya untuk pertama kalinya, saya tahu saya harus memiliki [gitar listrik] sendiri. ''Had' to have one, short of stealing!"